Ingin Kualitas Sperma Anda Baik? Lakukan Ini

|| || || Leave a komentar

detail berita

Cek kualitas sperma Anda
PUNYA keturunan yang baik dan sehat merupakan impian semua keluarga muda. Namun, ada faktor yang memicu sulitnya mendapatkan momongan, salah satunya kualitas sperma sang ayah.

Menjadi seorang ayah mungkin lebih sulit daripada yang Anda pikir. Dalam sebuah studi baru dari 4.867 orang Denmark, sekira 15 persen pria memiliki kualitas sperma yang rendah yang mengindikasikan risiko tinggi memerlukan perawatan kesuburan jika mereka ingin punya anak. Dan, 27 persen laki-laki lainnya memiliki risiko akan kesulitan mendapatkan anak.

"Kami tidak tahu alasan yang tepat untuk kualitas sperma yang rendah, bagaimanapun tidak ada keraguan bahwa itu ada hubungannya dengan paparan lingkungan dan gaya hidup," kata penulis studi Dr Niels Jorgensen, Kepala Androlog Universitas Departemen Pertumbuhan dan Reproduksi di Kopenhagen.

Langkah pertama untuk memastikan bahwa kualitas sperma Anda baik, yaitu melakukan diet dan olahraga rutin. “Kualitas sperma manunjukan kualitas kesehatan Anda secara keseluruhan,” ungkap Dr Larry Lipshultz, seorang profesor urologi di Baylor College of Medicine.

Konsumsi alkohol, kelebihan berat badan, dan merokok merupakan faktor-faktor yang bisa membuat kualitas sperma Anda rendah, demikian yang dilansir Foxnews.

Sperma bisa berkembang dengan baik jika Anda mau menjaga porsi makan, mengubah gaya hidup, dan berolahraga secara rutin. Jika Anda ingin memeriksa kesehatan sperma Anda, hubungi dokter Anda dan jangan minum obat sembarangan. (ina)
(tty)

Sumber