Cara Terbaik Turunkan Kolesterol

|| || || Leave a komentar
detail berita
Olahraga baik untuk kesehatan
TOPLESS - Memiliki  kolesterol tinggi yang mengancam kesehatan tubuh? Atasi dengan cara ini agar gangguan tersebut tak lagi mengancam.

Kolesterol merupakan zat seperti lemak yang menyediakan energi untuk sel-sel tubuh. Biasanya, kolesterol dihasilkan dari karbohidrat dan lemak yang kita makan. Sedianya, kolesterol sangat penting bagi tubuh untuk bekerja dengan cara yang tepat. Namun, terlalu banyak kolesterol dalam tubuh menyebabkan penumpukan di dinding arteri dan meningkatkan risiko penyakit kardiovaskular.

Dengan demikian, sangat penting menurunkan kolesterol dalam diet harian Anda, terutama jika tes telah membuktikan bahwa memang tingkat kolesterol Anda terlalu tinggi. Berikut cara-cara terbaik untuk menurunkan kadar kolesterol Anda, sebagaimana dilansir Healthmeup.
Berhenti merokok

Merokok menyebabkan lapisan dalam arteri atau endothelium semakin rusak. Para karsinogen dan karbonmonoksida hadir dalam hasil asap rokok di arteri menjadi lebih rentan terhadap kejang, sehingga menyebabkan tingginya kadar kolesterol dalam darah.

Gas beracun yang diproduksi saat pembakaran tembakau rokok bisa meningkatkan kadar lipoprotein jahat dalam tubuh. Ini akan membuat jaringan dalam tubuh kekurangan oksigen dan merusak sel darah merah.  Pada saat ini, perokok juga dapat mengalami palpitasi jantung yang dapat memengaruhi kualitas hidup mereka secara keseluruhan.

Rutin berolahraga
Apakah Anda mencoba untuk mencegah kolesterol tinggi atau Anda telah didiagnosis akan hal itu, olahraga menjadi obat yang sangat mujarab untuk masalah besar ini. Bukanlah berdasarkan penelitian singkat untuk menyatakan bahwa olahraga membantu untuk menurunkan kadar kolesterol dan menjaga diri seseorang dari penyakit jantung.

Saat kita beraktivitas olahraga, tubuh akan membakar kalori yang ada. Hal tersebut dapat mengurangi lemak yang tertimbun. Olahraga yang teratur dapat mengurangi LDL (kolesterol jahat) dan meningkatkan HDL (kolesterol baik).

Terlepas dari apapun jenis, intensitas dan genre olahraga yang Anda lakukan. Para ahli menyarankan bahwa sedikitnya 40 hingga 60 menit berolahraga setiap hari membantu dalam menurunkan lima sampai 10 persendari kolesterol LDL dan kolesterol HDL dapat ditingkatkan antara tiga sampai enam persen.

Hindari asupan lemak jenuh dan buang lemak trans


Jika setelah dicek Anda dinyatakan memiliki tingkat tinggi kolesterol, maka Anda harus menghindari daging berlemak, kuning telur, gorengan, seluruh produk susu dan produk komersial yang dipanggang. Hal ini karena lemak jenuh dan lemak trans meningkatkan LDL (kolesterol jahat) lebih dari tingkat kolesterol yang direkomendasikan.

Asupan harian yang direkomendasikan lemak jenuh ialah 20 gram atau kurang, jadi waspada terhadap makanan yang mengandung tingkat tinggi lemak jenuh atau trans dan pastikan Anda tetap di bawah level harian yang direkomendasikan.

Mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang

Takaran dalam mengonsumsi alkohol dalam jumlah sedang adalah satu sampai dua gelas alkohol per hari untuk pria dan satu minuman beralkohol per hari untuk wanita. Namun, jika Anda melebihi jumlah ini maka Anda lebih mungkin untuk menyimpan lemak dan menambah lingkar ukuran pinggang, sehingga menambah kadar kolesterol Anda.