Cara Mudah Deteksi Dini Kanker Payudara

|| || || Leave a komentar
foto

TOPLESSJakarta - Kini, ada cara mudah untuk mendeteksi kanker payudara. Sebuah penelitian terbaru mengungkapkan bahwa ada sebuah tes darah yang bisa digunakan dokter untuk mengidentifikasi lebih awal wanita yang berisiko tinggi terkena penyakit tertentu.

Para ahli mengatakan terobosan oleh ilmuwan dari Imperial College London ini sebagai suatu yang “menarik” dan merupakan suatu tanda bahwa penyakit tertentu bisa dideteksi beberapa dekade lebih awal. Dr James Flanagan, yang memimpin riset terbaru ini, mengatakan bahwa tes tersebut mungkin dilakukan dalam lima hingga sepuluh tahun

Dikatakan para ilmuwan, genetic switch atau perubahan genetis itu dipengaruhi berbagai faktor gaya hidup, seperti kebiasaan konsumsi alkohol, merokok, polusi, dan hormon. Membawa genetic switch bisa meningkatkan risiko wanita atas terjadinya kanker payudara, dari satu berbanding delapan menjadi satu berbanding empat.

Perubahan kecil dalam gen tersebut bisa dideteksi dalam sampel darah bertahun-tahun sebelum gejala dari kanker payudara ini muncul. Hasil temuan ini dipublikasikan di jurnal Cancer Research.

Dalam risetnya, para ilmuwan menganalisis sampel darah dari 1.380 wanita berbagai usia, sebanyak 640 orang di antaranya kemudian mengalami kanker payudara. Secara rata-rata, tes darah dilakukan tiga tahun sebelum diagnosis. Pada beberapa kasus, mereka ditemukan terdiagnosis kanker payudara hingga sebelas tahun kemudian.

Hasil dari penelitian itu, seperti dikutip situs Telegraph edisi 30 April 2012, terlihat jelas sampel darah dari wanita berusia 60 tahun. Di Inggris, sekitar 49 ribu orang didiagnosis kanker payudara setiap tahun dan hampir 12 ribu meninggal per tahunnya.

Perubahan-perubahan genetis ini juga ada kaitannya dengan lymphoma dan leukimia, yang berarti tes tersebut bisa berimplikasi pada jenis kanker lain. Hubungan yang kuat ditemukan antara perubahan molekuler dalam gen sel darah putih yang disebut ATM dan risiko kanker payudara.

“Kami meneliti untuk pencegahan. Jika kita bisa mengidentifikasi wanita yang berisiko tinggi terkena kanker, maka kita bisa mencegahnya dan itu bisa menurunkan angka kanker payudara secara dramatis,” kata dr Flanagan. “Kami sudah menemukan satu tanda. Kami perlu bekerja terus untuk menemukan semuanya sehingga kita mempunyai tes yang lebih bermanfaat,” kata dia.