5 Hal Tentang Kanker Paru-paru Yang Harus Diketahui

|| || || Leave a komentar
5 Hal Tentang Kanker Paru-paru Yang Harus Diketahui [ www.BlogApaAja.com ]

TOPLESS - Kanker paru seringkali disebut sebagai kankeryang tak terlihat sehingga sebagian besar ditemukan dalam stadium lanjut.Berikut ini 5 hal yang harus diketahui mengenai kanker paru.

Salah satu alasan yang membuat kanker parumematikan adalah gejalanya yang seringkali tidak terlihat atau tidak disadarihingga penyakit ini menyebar ke organ lainnya di tubuh dan masuk ke stadiumlanjut.

Berikut ini 5 hal yang harus atau sebaiknyadiketahui oleh masyarakat mengenai kanker paru, seperti dikutip dariawomanshealth, yaitu:

1. Merokok adalah penyebab nomor 1 kankerparu, tapi bukan satu-satunya penyebab

Faktor risiko terbesar untuk kanker paruberhubungan dengan merokok, sedangkan penyebab umum kedua dari kanker paruadalah radon (gas alami yang tidak berwarna dan tidak berbau).

Sementara itu faktor risiko lainnya termasukjaringan parut di paru akibat tuberkulosis atau lingkungan yang penuh denganasap rokok, polusi udara, radiasi, asbes dan beberapa bahan kimia.

2. Sekitar 1 dari 5 perempuan dengan kankerparu tidak pernah merokok, dibanding dengan 1 dari 10 laki-laki

Perempuan yang tidak pernah merokok lebihberisiko terkena kanker paru dibanding laki-laki yang tidak merokok. Penyebabpaling sering perempuan terkena kanker paru akibat terpapar oleh asap rokok(perokok pasif).

Beberapa bukti menunjukkan perempuan lebihsensitif terhadap efek bahan kimia dari rokok dibanding laki-laki, sertasekitar 9 persen perempuan didiagnosa menderita kanker paru lebih muda darilaki-laki.

3. Gejala kanker paru berbeda antara laki-lakidan perempuan

Hal ini karena jenis kanker paru padalaki-laki dan perempuan cenderung berbeda. Laki-laki lebih sering didiagnosisdengan karsinoma sel skuamosa yang cenderung tumbuh di dekat saluran udarautama. Gejalanya dahak darah kebiruan, batuk kronis dan infeksi.

Sedangkan perempuan lebih sering didiagnosisdengan adenocarcinoma yang tumbuh di daerah luar dari paru yang tidakmenunjukkan banyak gejala, serta sedikit yang kena karsinoma sel skuamosa yangbergejala seperti sesak napas, sakit punggung, bahu dan kelelahan.

4. Tak ada cara mudah skrining kanker paru

Saat ini tidak ada pilihan yang lebih baikuntuk melakukan skrining kanker paru selain dengan pemeriksaan CT scan yangharganya terbilang mahal. Meski begitu para peneliti kini tengah mempelajarites lain termasuk rontgen dada dan CTS spiral.

5. Risiko kanker paru bisa dikurangi

Salah satu cara mengurangi risiko adalahberhenti merokok dan mengurangi paparan asap rokok, mengonsumsi pola makan yangseimbang dan olahraga serta jika masih atau pernah merokok di masa lalusebaiknya pertimbangkan berbicara dengan dokter agar segera dilakukan skrining.Hal ini karena kanker paru tergolong jenis kanker yang bisa diobati jikadideteksi lebih dini.

Sumber