Hughes dari Wales hingga London

|| || , || Leave a komentar

Mark Hughes - Mantan Pelatih Queens Park Rangers (Foto: Reuters)
Mark Hughes - Mantan Pelatih Queens Park Rangers
TOPLESS - London - Mark Hughes mengawali debut kepelatihannya pada tahun 1999, saat itu dia menangani timnas Wales. Ketika ia telah mengambil alih Wales, tidak ada kemajuan berarti yang diberikan Hughes. Tapi, dalam lima tahun dengan Hughes bertugas Wales berhasil menembus Kualifikasi Euro 2004. Wales berhasil mengalahkan Italia di babak kualifikasi grup, tapi langkahnya terhenti oleh Rusia.

Selepas menangani Wales, Hughes meneruskan karier dengan melatih Blackburn Rovers pada 2004. Di musim pertamanya target utama Hughes ingin menyelamatkan Blackburn dari zona degradasi saat itu. Lewat kepelatihan Hughes, Blackburn berhasil menembus semifinal piala FA yang baru dirasakan Blackburn selama 40 tahun terakhir.

Musim kedua Hughes di Blackburn, grafik meningkat sangat terlihat. Saat itu Hughes. Secara mengejutkan, Blacburn Rovers mampu menduduki enam besar Liga Premier dan lolos ke Piala UEFA, mengalahkan tim seperti Chelsea, Manchester United (dua kali) dan Arsenal.

Atas prestasinya tersebut, Mark Hughes meraih penghargaan sebagai Manajer terbaik di Liga Inggris pada 2007. Hughes hanya bertahan empat musim bersama Rovers, berakhir pada 2008.

4 Juni 2008, Hughes menandatangani perjanjian kontrak dengan Manchester City untuk menggantikan pelatih sebelumnya, Sven Goran Eriksson.Pemilik City saat itu, Thaksin Shinawatra menjadikan Hughes sebagai pilihan pertama untuk pengganti Erikssen. Hughes hanya bertahan selama satu musim di City.

Hughes dipecat oleh klub setelah City dikalahkan Manchester United pada semifinal leg 2 Piala Liga dan posisinya digantikan oleh Roberto Mancini pada 19 Desember 2009.

Selama musim 2010-2011, Hughes merapat ke Fulham setelah kepergian manajer sebelumnya, Brendan Rodgers ke Liverpool. Hughes menyetujui kontrak dua tahun dengan klub London dan secara resmi diperkenalkan kepada media pada tanggal 3 Agustus 2010 sebelum pertandingan Fulham melawan Werder Bremen pada 7 Agustus 2010.

Hughes mengundurkan diri sebagai manajer Fulham pada 2 Juni 2011 setelah menghabiskan kurang dari 11 bulan di klub. Setelah kepergiannya ia berkata,“Sebagai seorang manajer, muda yang ambisius saya ingin pindah untuk melanjutkan pengalaman saya”

Menanggapi pengunduran diri Hughes, pemilik Fulham Mohamed Al-Fayed menyebut Hughes dengan sebut “orang aneh” dan tidak tahu terima kasih karena sudah diberikan kesempatan melatih setelah dipecat oleh Manchester City.

Pada 10 Januari 2012, Hughes menyetujui kontrak dengan Queens Park Rangers selama dua setengah tahun menggantikan pelatih sebelumnya Neil Warnock.Prestasi Hughes di QPR musim ini sangat buruk, dari 12 pertandingan yang dijalani, Queens Park Rangers belum pernah sekalipun menang dan berada di dasar klasemen. Tanggal 23 November 2012, Hughes resmi dipecat oleh

Sumber