Korupsi Rp961,5M, Presiden Rusia Pecat Menterinya

|| || || Leave a komentar

Presiden Rusia Vladimir Putin (Foto: AFP)
Presiden Rusia Vladimir Putin
TOPLESS - MOSKOW - Presiden Rusia Vladimir Putin menunjukkan ketegasannya dalam menghadapi korupsi. Dia pun memecat seorang menteri dalam kabinet yang dibentukan, karena diduga menggelapkan uang dalam jumlah besar.

Menteri Pertahanan Anatoly Serdyukov terpaksa lengser dari jabatannya, dalam perubahan dramatis yang dilakukan oleh Putin sejak dirinya menjadi Presiden Rusia untuk ketiga kalinya. Putin menggantikan Serdyukov, meskipun pejabat tersebut melakukan reformasi dalam tubuh militer Rusia yang didukungnya.

Serdyukov dibebastugaskan untuk menjalani penyelidikan setelah diduga terlibat korupsi sebesar USD100 juta atau sekira Rp961,5 miliar (Rp9.651 per USD). Korupsi itu mencakup penipuan lahan properti dari sebuah perusahaan yang dimiliki oleh Kementerian Pertahanan Rusia.

"Menilai situasi yan terjadi saat ini di kementerian pertahanan, saya memutuskan untuk melepaskan Menteri Pertanana Serdyukov dari jabatannya. Hal ini dilakukan untuk menciptakan kondisi yang dapat mendukung berlangsungnya proses penyelidikan," ujar Putin, seperti dikutip AFP, Selasa (6/11/2012).

Pemecatan ini menjadi tamparan bagi pihak Kementerian Pertahanan Rusia yang tengah melakukan penghematan anggaran militer, yang dinilai dananya dapat dialihkan untuk kepentingan penambahan anggaran pendidikan dan sistem kesehatan. Putin pun memiliki kriteria sendiri nantinya mengenai pengganti Serdyukov.

"Menteri yang baru haruslah sosok yang mampu meneruskan perkembangan dinamis dari militer. Selain juga memenuhi kepentingan implementasi pertahanan negara dan juga memperkuat angkatan darat serta kekuatan militer lainnya," ucap Putin.

"Kalian bisa menjadi orang itu," tutur Putin kepada rakyatnya .

Selama ini Serdyukov dikenal sebagai menantu dari mantan Wakil Perdana Menteri Rusia Viktor Zubkov yang juga dikenal dekat dengan Putin. Serdyukov tertangkap basah berada di rumah seorang pelaku penggelapan lainnya ketika petugas penyelidik mendatangi rumahnya.

Ia ditangkap tersangka lain yang juga dikenal sebagai mantan staf Kementerian Pertahanan Yevgenia Vasilyeva. Di dalam apartemennya, Vasilyeva mengoleksi perhiasan-perhiasan berharga yang disita oleh petugas penyelidikan.

Serdnyukov memulai karirnya sebagai pedagang mebel. Namun karirnya terus menanjak hingga menjabat sebagai Kepala Otoritas Pajak Rusia, sebelum akhirnya diangkat Putin sebagai Menteri Pertahanan Rusia. Ia adalah warga sipil pertama yang memegang jabatan tersebut.

Sumber